Submit Property
click to enable zoom
Loading Maps
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
Advanced Search
we found 0 results
Your search results

Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Ambil KPR

Ditulis Oleh alifahru pada Agustus 22, 2016
| 0

Anda sedang mencari rumah dijual di bekasi atau sudah tertarik untuk membeli rumah di Perumahan tertentu, misalkan di Bumi Rahayu 5 Bantargebang dan Mustikajaya Bekasi. Sudah punya uang DP atau uang muka untuk dibayarkan. Selanjutnya kekurangan akan ditutup dengan fasilitas kredit KPR. Tetapi sebelumnya, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut sebelum mengajukan KPR ke bank:

1.    Gaji Bulanan Keluarga

Gaji bulanan keluarga anda tentunya terutama digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Perhatikan jangan sampai gaji bulanan habis hanya untuk cicilan KPR. Rumah boleh bagus dan milik sendiri, tapi keseimbangan keuangan itu lebih penting. Jika memang sudah mantap untuk mengambil KPR, pilih yang sedang-sedang saja jangan sampai melebihi batas kemampuan. Hindari kondisi keuangan tergadai hutang yang berpotensi membuat kredit anda macet.

2.    Terapkan Gaya Hidup Hemat

Gaya hidup juga sangat berpengaruh terhadap konsistensi terhadap cicilan KPR. Meskipun gaji naik, akan tetapi jika diiringi dengan gaya hidup yang juga naik, maka itu artinya sama saja dengan bohong.

3.    Pengeluaran Setelah Memiliki Rumah

Setelah memiliki rumah baru, pasti nanti ada kebutuhan-kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Misalnya kebutuhan keamanan, biaya lingkungan, biaya perabotan rumah dan lain sebagainya. Sebelum mengajukan KPR setidaknya anda sudah memiliki gambaran tentang hal ini. Jangan sampai hanya bermodal nekad saja.

4.    Biaya Pajak

Setelah memiliki rumah pasti anda akan dikenakan pajak, yaitu pajak bumi dan bangunan. Pajak tersebut dibayarkan setiap tahun. Besaran PBB yang terutang dalam satu tahun pajak diinformasikan dalam Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

5.    Biaya Renovasi

Biaya renovasi sering kali diabaikan alias kurang diperhitungkan. Padahal membutuhkan biaya yang kadang-kadang tidak terduga.

6.    Cicilan Hutang Lainnya

Apakah anda mempunyai cicilan hutang lainnya? Tidak masalah jika anda memiliki cicilan hutang lainnya selama jika cicilan tersebut setelah digabungkan dengan cicilan KPR jumlahnya tidak lebih dari 30 persen dari jumlah gaji anda. Karena secara teori, kuran ideal cicilan hutang tidak boleh melebihi 30 persen dari gaji.

7.   Manfaatkan Turunnya Suku Bunga KPR

Suku bunga KPR yang turun bisa jadi peluang bagi anda untuk membuat kalkulasi rencana keuangan yang baru untuk kredit rumah jangka panjang. Seharusnya biaya yang anda keluarkan jadi berkurang. Tahun 2016 pemerintah berencana menurunkan suku bunga KPR. Tahun ini merupakan kesempatan emas anda untuk mengajukan KPR agar rumah idaman segera dimiliki.

Tinggalkan komentar

Alamat emailmu tidak akan di publish